Cara Mendidik Anak Menurut Islam atau Secara Islami

Keluarga Islami
Cara Mendidik Anak Menurut Islam atau Secara Islami - Mendidik Anak bagi setiap pasangan yang telah dikarunia Anak bukanlah hal yang mudah, terutama jika kita harus mendidik Anak kita menurut Islam atau secara Islami dan itu merupakan kewajiban bagi Kita seorang Muslim. Mendidik Anak secara Islami harus kita niatkan dari awal sebelum memutuskan untuk membangun rumah tangga, dengan begitu saat nanti Kita diberi karunia seorang Anak sudah siap dengan segala sesuatunya.

Mendidik Anak menurut Islam atau secara Islami tentunya Kita harus berpedoman pada Al Quran dan Hadits menurut tuntunan Rasulullah SAW, agar Anak Kita menjadi Anak yang Shaleh & Shaleha. Karena mempunyai seorang Anak yang Shaleh bagi Orang Tua merupakan salah satu bekal saat Kita telah meninggal nanti.

Berikut beberapa cara menurut Islam dalam penerapan mendidik Anak secara Islami sesuai ajaran Rasulullah SAW.
  
1. Mendidik Anak tentang Tauhid
Sabda Rasulullah SAW “Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat “Lailaha-illaallah” (Tiada Tuhan selain Allah) Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, “Lailaha-illallah” (Tiada Tuhan selain Allah).
Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya “Lailah-illallah”, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.” (sya’bul Iman, juz 6, hal. 398 dari Ibn abbas)

Berdasarkan hadis tersebut betapa pentingnya pengenalan tentang Tauhid kepada Anak, didalam kitab Al Amali Hal.47, Imam Baqir dan Imam Ash Shadiq Raadiyallahu'anhuma berkata, untuk tahapan pengenalan anak kepada Allah dan Rasulullah SAW. adalah :
a. Usia 3 Tahun ajarkan kepadanya kalimah Tauhid "Lailaha Illallah" sebanyak tujuh kali.
b. Usia 3 Tahun 7 Bulan ajarka kepadanya kalimah "Muhammad Rasulullah".

2. Mendidik Anak mengenai Shalat
Dalam Kitab yang sama Imam Baqir dan Imam Ash Shadiq r.a menjelaskan bagaimana seharusnya kita mengenalkan Shalat kepada Anak.
a. Setelah Anak berumur 5 Tahun dan mengerti tentang Arah mana kiri mana kanan dan kiblat, mulailah mengajaknya untuk ikut Shalat.
b. Selanjutnya pada usia 7 Tahun ajaklah Ia untuk membasuh muka dan tangan lalu ajaklah untuk menunaikan shalat.
c. Jika anak sudah beranjak 9 Tahun ajarkanlah tata cara berwudhu yang baik dan benar kepadanya, lalu suruh untuk mengerjakan Shalat. Karena pada usia ini Anak sudah diwajibkan untuk menunaikan Shalat dan berikan hukuman jika tidak menunaikan Shalat.

3. Memberikan Hak Anak Dalam hal Pendidikan
Berkaitan dengan pendidikan Agama, ada hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua  kepada anaknya. antara lain :
a. Memberikannya nama yang bagus dan makna yang baik
b. Diaqikahkan serta dipotong rambutnya (Lebih baik pada usia 7 hari)
b. Hak Anak terhadap ayah nya yaitu mendidik tentang Akhlak budi pekerti yang luhur, memberikan latihan fisik yang menyehatkan serta diwarisi harta yang halal.

4. Mengajarkan Tentang Ibadah-ibadah dan Amalan-amalan Lainnya
Merupakan kewajiban bagi orang tua saat anaknya beranjak Baligh untuk memberikannya pelajaran mengenai Ibadah dan Amalan yang lainnya, terutama Ibadah-ibadah yang wajib serta bertahap mengenalkan ibadah yang Sunnah agar anak memahami akan hal kewajibannya sebagai seorang Muslim. Ajarkanlah kepadanya amalan-amalan yang baik serta menjauhkannya dari amalan yang buruk dengan Kita sebagai orang tua memberikannya contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Imam Ali Zainal Abidin r.a dalam Kitab Risatul Huquq menyampaikan "Adapun hak Anakmu adalah, ketahuilah bahwa Ia berasal darimu. Dan segala kebaikan dan keburukannya di Dunia, dinisbatkan kepadamu. Engkau bertanggung jawab untuk mendidiknya, membingbingnya menuju Allah dan membantunya untuk menaati perintah-Nya. Maka, perlakukanlah anakmu sebagaimana perlakuan seseorang yang mengetahui bahwa andaikan Ia berbuat baik pada anaknya, niscaya Ia akan mendapatkan pahala dan andaikan Ia berbuat buruk niscaya Ia akan memperoleh hukuman." (Al Khislal : Hal.568)

Berikut artikel mengenai Cara Mendidik Anak Menurut Islam Atau Secara Islami. Semoga bermanfaat dan Share agar lebih bermanfaat.

0 Response to Cara Mendidik Anak Menurut Islam atau Secara Islami

Post a Comment